Hukum pembacaan Sholawat yang di iringi Rebana Hadroh

Mengenai shalawat yg dibarengi rebana merupakan sunnah Rasul saw, hanya ustad ustad yg tak mengerti hukum syariah yg melarangnya, mereka tertipu dg kebodohannya sendiri.

sebagaimana Ijma’ seluruh Ulama Ahlussunnah waljamaah pengertian sunnah adalah apa apa yg dikerjakan oleh Rasul saw, dan apa apa yg diperintahkan oleh Rasul saw, dan apa apa yg dilihat oleh Rasul saw dan beliau saw tak melarangnya.

maka fahamlah kita bahwa bila Rasul saw melihatnya dan tak melarangnya maka itu adalah sunnah, dan Rasul saw disambut oleh Muhajirin dan Anshor dg rebana dan qasidah thala’al badru alaina ketika beliau tiba dalam hijrahnya dari Makkah menuju Madinah,, dan Rasul saw tak melarangnya. (teriwayatkan dalam hampir seluruh kitab sirah Nabi saw)

maka tiada pula sahabat melarang rebana, tidak pula tabi’in, tak pula Muhadditsin, lalu siapa yg melarangnya?, mungkin mereka lebih mulia dari Rasul saw hingga melarang apa apa yg tak dilarang oleh Rasul saw.

mereka mengatakan bahwa Rasul saw membiarkannya karena saat itu keimanan kaum anshar masih baru, butuh penyesuaian untuk melarangnya, hujjah ini munkar, karena bila hal itu benar maka pasti ada pelarangan dari Rasul saw ditahun trahun berikutnya, dan itu tak pernah terjadi.

anda tanyakan saja pd ustadz anda, munculkan satu saja, hadits yg melarang rebana yg dilakukan oleh Anshar, mereka melarang tanpa punya dalil, jangankan shahih, hadits dhaif pun tak ada, bahkan ucapan sahabat pun tak ada, tidak pula para Imnam Imam Muhadditsin.

darimana pula orang orang itu mengenal shalawat dengan rebana kalau bukan dari Anshar yg memulainya dan Rasul saw tak melarangnya.

Semoga Allah memberi hidayah pd nya agar ia kembali dan sembuh dari wabah penyakit hati yg sedang gencar menjangkiti permukaan bumi ini, wabah yg bukan membawa penyakit di bumi, tapi membawa kesengsaraan di alam kubur dan akhirat,

mengenai alat musik lainnya, ada pelarangan dengan Nash hadits yg jelas, seperti alat musik petik, Mizmar (seruling yg mencembung ditengahnya),dan beberapa alat musik lainnya yg memang ada Nash yg jelas, namun bukan rebana.

Perihal Majelis Ta'lim Basaudan
Tempat belajar ilmu Agama Islam dan Bahasa Arab

3 Responses to Hukum pembacaan Sholawat yang di iringi Rebana Hadroh

  1. leanfriendsa mengatakan:

    emng ga haram tpi para hadrowannya yang ga knl waktu main tabuhan terus tengah malam waktu tidur ( didaerah saya) itu salahkan . pke otak para hadrohwan .

  2. masale nyang macem begonoan jangan ente ambil puyeng wan !
    masi banyak masale nyag lebih dari entu,
    emang si nurut nyang ane dapet,ade nyang ngebolein sholawat di barengin hadro ade juge nyang kaga.
    kalo nurut kitab almarhum almagfurllah sayyidil walid habib utsman bin yahya (mufti betawi),disitu di terangin kaga ngebolein sholawat di barengin hadro (tapi entu ade tempat tempatnye wan,misalken di dalem mesjid).
    lagian juge setau ane guru marzuki (cipinang muara) make’ juge tuh nyang di terangin di kitab,
    pesen ane mah atu’ wan,
    “JANGAN NGERUIN SUASANE . . ! ! ”
    musuh kite tuh YAHUDI ame NASRANI (JIL,AHMADIYAH,dll . . .)
    tulisan nyang macem begonoan nyang bakalan embelokin anak anak mude AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH !
    jadi ati ati bang kalo nulis di blog macem eni !

  3. Mang Aviv mengatakan:

    elo ajj yg gk ngerti sunah makanya ngaji yg bener coyyyy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: