Al Marhum Al Maghfurlah KH. Ali Syibromalisi

Ia adalah putra sulung Guru Mughni dari istri ketujuh, HJ. Masmawin, dari Warung Buncit. Ali Syibromalisi lahir di kampung Kuningan, Jakarta Selatan, pada tanggal 25 Desember 1921.

Nama ”Syibromalisi” diambilkan dari Guru Mughni dari nama seorang wali ternama di Mesir, dengan harapan anaknya itu bisa mengikuti jejak yang punya nama.

Setelah, enam tahun menuntut ilmu di Makkah, Ali Syibromalisi pulang ke Tanah Air. Tahun 1945, bersama K.H. Abdurrazzaq Makmun dan K.H. Abdusyukur Choiri, dia ditugasi K.H. Djunaidi menghadiri Musyawarah Alim Ulama se Indonesia di Surabaya. Kebesarannya sebagai Pengurus Besar NU hingga mencapai jabatan wakil raim am III.

Tidak hanya di NU, dia juga mengemban jabatan di MUI. Mulai dari ketua MUI Jakarta Selatan (1984-1988), dan terakhir sebagai Dewan Pertimbangan MUI Pusat.

K.H. Ali Syibromalisi juga dikenal sebagai pekerja yang tidak kenal pamrih. Pada masa aktif di NU, dia pernah ditawari duduk d DPR, tapi dia menolak. Hati nuraninya mengatakan bahwa porsinya adalah di bidang pendidikan.

Ulama yang idealis ini menghadap ilahi pada hari Rabu Juli 1966 pukul 14.45 setelah dirawat di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta Selatan. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman keluarga Mega Kuningan di samping makam ayah, kakek, dan buyutnya.

Perihal Majelis Ta'lim Basaudan
Tempat belajar ilmu Agama Islam dan Bahasa Arab

One Response to Al Marhum Al Maghfurlah KH. Ali Syibromalisi

  1. erwin alamsyah mengatakan:

    Coba tolong di chek lagi dong, meninggalnya beliau tahun berapa?sy juga lupa, tapi diatas tahun 1985 an lah, sy aja belajar ditempat beliau 1987-1990, beliau masih ngajar…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: