Al Marhum Al Maghfurlah Guru Khalid

Guru Khalid adalah salah satu dari enam guru utama di Betawi, selain lima guru yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu Guru Marzuki, Guru Mughni, Guru Mansyur, Guru Madjid, dan Guru Mahmud.

Seperti yang lainnya, Guru Khalid pun termasuk ulama yang pernah nyantri dan mengambil sanad keilmuannya di Tanah Suci. Ia belajar di Mekkah selama sebelas tahun. Guru-gurunya di sana antara lain Syaikh Mukhtar Atharid A-Bogori dan Syaikh Umar Bajunaid.

Guru Khalid dikenal di kalangan ulama Betawi sebagai ahli hadist dan tasawwuf. Ia tidak banyak bicara dan bila mengajar selalu menghadap kiblat. Sementara muridnya duduk membuat lingkaran, dan begitu selesai pengajian ia langsung meninggalkan murid-muridnya tanpa basa-basi lagi. Ia juga terkenal keras terhadap rokok dan mendengarkan radio dan sangat hati-hati dalam memberikan fatwa, apalagi menyangkut penentuan masjid untuk Sholat Jum’at.

Guru Khalid termasuk berhasil mencetak banyak ulama. Dia antara hasil didikkannya ialah K. H. Yahya Suhaimi yang diangkat mantu oleh Guru Khalid dan sempat meneruskan kegiatan ta’lim sang guru di musholla peninggalannya.

Menantunya yang lain, Hasan Abdussalam, sebenarnya bakat pula menjadi juru dakwah, tetapi ia cenderung menjadi pedagang daripada menjadi kyai.

Muridnya yang lain yang menonjol adalah Guru Yakub dari Kebon Sirih. Guru Ilyas dari Cikini, Guru Najib dari Tanah Abang, Guru Rahab Citayam, K. H. Ma’mun Abdul Karim dari Rawa Belong, K. H. Mukhtar Sidiq dari Kebayoran, dan K. H. Abdurrahman dari Bojong Gede.

Guru Khalid wafat di tahun 1946 dalam usia 72 tahun, dikuburkan di Tanah Abang, di lokasi yang sekarang menjadi rumah susu Perumnas. Karena sesuatu dan lain hal, akhirnya jenazah Guru Khalid dipindahkan ke Kuburan Karet.

Perihal Majelis Ta'lim Basaudan
Tempat belajar ilmu Agama Islam dan Bahasa Arab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: