Al Marhum Al Maghfurlah KH. Abdul Hadi (Guru Hadi)

Guru Hadi, atau K.H. Abdul Hadi bin K.H. Ismail, masih keturunan ke-10 Sultan Maulana Syarif Hasanuddin dari Banten. Dia lahir di Gang Kelor, Kelurahan Jawa, Manggarai, pada tahun 1331 H/ 1912 M.

Ia temasuk salah satu murid Guru Marzuki Muara. Selain itu ia juga belajar kepada Guru Mahmud Menteng, Guru Pekojan, Mu’alim Shodri Pisangan Baru, dan ulama besar lainnya.

Di mata murid-muridnya, ada tiga sifat utama yang dimiliki Guru Hadi, Pertama, Hubbul ilmi, yaitu cinta ilmu dari kecil hingga tua. Kedua, tawadhu’, merendah kepada setiap orang, lebih khusus kepada dzurriyah Nabi Muhammad SAW. Ketiga, istiqamah, yaitu terus berkesinambungan di jalan dakwah dengan belajar dan mengajar.
Hal ini terbukti, selian aktif mengajar, hingga masa tuanya, Guru hadi tetap aktif menuntut ilmu kepada para ulama di zamannya. Ia tidak pernah absen untuk datang ke majelis Habib Ali Kwitang, selain juga mengaji kepada Habib Ali Bungur, Habib Abdullah Asy-Syami, dan Al-Walid habib Abdurrahman bin Ahmad Assegaf, hinga akhir hayatnya. Ulama yang tawadhu dan suri tauladan dalam keistiqamahan ini wafat pada 1988 dan dimakamkan di belakang Masjid Jami’ Al-Akhyar, Pisangan.

Perihal Majelis Ta'lim Basaudan
Tempat belajar ilmu Agama Islam dan Bahasa Arab

3 Responses to Al Marhum Al Maghfurlah KH. Abdul Hadi (Guru Hadi)

  1. alam mengatakan:

    coba tolong cantumkan marga yg disandang oleh sulthan maulana syarif hidayatulloh kakek daripada tuan guru abdul hadi bin tuan guru isma’il,,,?knpa tuan guru abdul hadi tdk prnah disebut2 sebagai Dzurriyah Rasul SAW atau Salah satu Habaib yg ada di pisangan?????????

    • afwan,.. Maaf jika,.. ada info atau sejarah yang kurang jelas karena redaksi hanya mendapatkan sejarah beliau ringkas saja mengenai marga ana masih khwatir untuk mencantumkannya ,..mohon kiranya antum bisa menambahkan agar lebih jelas,
      (karena kami hanya ingin mengingat dan mencatat Biografi Ringkas Tokoh Ulama Betawi)
      Sebagai bukti dan teladan untuk Generasi Muda Islam mendatang,.. kalaupun ada kesalahan penulisan biografi beliau kami mohon maaf sebelumnya,..

      kalau antum tahu lebih jelas atau dari pelbagai sumber yang valid boleh tambahkan keterang di bawah komentar

      Terimakasih

  2. didi mengatakan:

    wafatnya KH.Abdul Hadi pada oktober 1998, kerena bertepatan dengan pernikahan kami keponakan beliau, bukan pada tahun 1988!2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: