Keutamaan membaca Al Qur an

Dari Abu Musa Al-Asy`arit berkata, Rasulullah bersabda: “Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al Qur`an bagaikan buah limau baunya harumdan rasanya lezat. Dan perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca AlQur`an bagaikan kurma, rasanya lezat dan tidak berbau. Dan perumpamaanorang munafik yang membaca Al Qur`an bagaikan buah raihanah yangbaunya harum dan rasanya pahit, dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al Qur`an bagaikan buah hanzholah tidak berbau dan rasanya pahit.” Muttafaqun `Alaihi.

Merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim untuk selaluberinteraksi aktif dengan Al Qur`an, dan menjadikannya sebagai sumber inspirasi, berpikir dan bertindak. Membaca Al Qur`an merupakan langkah pertama dalam berinteraksi dengannya, dan untuk mengairahkan serta menghidupkan kembali kegairahan kita dalam membaca Al Qur`an, kami sampaikan beberapa keutamaan membaca Al Qur`an sebagai berikut :

1. Manusia yang terbaik.
Dari `Utsman bin `Affan, dari Nabi bersabda : “Sebaik-baik kalianyaitu orang yang mempelajari Al Qur`an dan mengajarkannya.” H.R.Bukhari.

2. Dikumpulkan bersama para Malaikat.
Dari `Aisyah Radhiyallahu `Anha berkata, Rasulullah bersabda : “Orangyang membaca Al Qur`an dan ia mahir dalam membacanya maka ia akandikumpulkan bersama para Malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkanorang yang membaca Al Qur`an dan ia masih terbata-bata dan merasaberat (belum fasih) dalam membacanya, maka ia akan mendapat duaganjaran.” Muttafaqun `Alaihi.

3. Sebagai syafa`at di Hari Kiamat.
Dari Abu Umamah Al Bahili t berkata, saya telah mendengar Rasulullahbersabda : “Bacalah Al Qur`an !, maka sesungguhnya ia akan datang padaHari Kiamat sebagai syafaat bagi ahlinya (yaitu orang yang membaca,mempelajari dan mengamalkannya).” H.R. Muslim.

4. Kenikmatan tiada tara
Dari Ibnu `Umar , dari Nabi bersabda : “Tidak boleh seorangmenginginkan apa yang dimiliki orang lain kecuali dalam dua hal;(Pertama) seorang yang diberi oleh Allah kepandaian tentang Al Qur`anmaka dia mengimplementasikan (melaksanakan)nya sepanjang hari danmalam. Dan seorang yang diberi oleh Allah kekayaan harta maka diainfakkan sepanjang hari dan malam.” Muttafaqun `Alaihi.

5. Ladang pahala.
Dari Abdullah bin Mas`ud berkata, Rasulullah S A W: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Qur`an) maka baginya satukebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kalilipat. Saya tidak mengatakan “Alif lam mim” itu satu huruf, tetapi”Alif” itu satu huruf, “Lam” itu satu huruf dan “Mim” itu satu huruf.

“H.R. At Tirmidzi dan berkata : “Hadits hasan shahih”.

6. Kedua orang tuanya mendapatkan mahkota surga
Dari Muadz bin Anas, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yangmembaca Al Qur`an dan mengamalkan apa yang terdapat di dalamnya, Allahakan mengenakan mahkota kepada kedua orangtuanya pada Hari Kiamat kelak. (Dimana) cahayanya lebih terang dari pada cahaya matahari didunia. Maka kamu tidak akan menduga bahwa ganjaran itu disebabkan dengan amalan yang seperti ini. ” H.R. Abu Daud.

Demikian di antara sebagian pahala membaca Al-Quran, semoga menjadimotivasi dalam meningkatkan gairah dalam semangat, belajar, membaca,memahami dan selanjutnya mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya.Selanjutnya dalam postingan kali ini, saya akan menyampaikan fadhilah-fadhilah dari setiap surah di dalam al-quran yang mempunyaiintisari yang selanjutnya disebut dengan “Qolbul Quran” (HatinyaAl-Quran)

FADHILAH QOLBUL QURAN

Adapun Ini Adalah Fadilah Yang Tidak Perlu Diragukan Lagi Dan sudahNyata Faidahnya Yakni “Qolbul Qur’an” (Hatinya Al-Qur’an) Bila Dibaca Maka Akan Menumbuhkan Beberapa Faidah (Keutamaan), Seperti Sabda NabiMuhammad SAW : Bahwasanya Al-Qur’an Itu Terdiri Dari 30 Juz (Bagian)Dan Terdiri Dari 114 Surat, Dan Seluruh Surat Dalam Al-Qur’an MemilikiHatinya Masing-Masing, Barang Siapa Yang Hafal Dengan HatinyaSurat-Surat Dalam Al-Qur’an Maka Seperti Menghatamkan Al-Qur’an Sebanyak 1000x, Dan Seperti Melakukan Ibadah Haji, Dan Umrah, Dan Seperti Sedekah Emas Yang Besarnya Seperti Gunung Uhud.

Dan Siapa SajaYang Menulis Atau Menyimpan Bacaan Qolbul Qur’an Ini, Maka HaramJasadnya/Dirinya Disentuh Oleh Api Neraka, Dan Diampuni Dosanya, DanAkan Berhasil / Tercapai Maksud Dan Keinginannya. Atau Lebih UtamaMengharap Berkah Allah SWT Dengan Dijadikan Azimat Yang Akan DijagaOleh Malaikat Hafadzah Dan Malaikat Muqorrobin (Para Malaikat PenjagaDan Malikat Yang Dekat Dengan Allah) Amiin Yaa Rabbal Alamin.

Selain Itu Ada Fadilah Yang Lain Sebanyak 50 Fadilah/Keutamaan YangAkan Dijelaskan Dibawah Yaitu :

1. Panjang Umurnya.

2. Sehat Wal’afiat.

3. Terang Hatinya.

4. Tetap Iman Dan Islam.

5. Bagus Tingkah Lakunya (Akhlaknya).

6. Murah Rizki (Sandang Panagannya).

7. Dijauhkan dari Niat-niat orang Dzolim.

8. Dikabulkan Seluruh Hajatnya.

9. Memperoleh Segala Macam Bentuk Nikmat.

10. Memperoleh Segala Macam Bentuk Kemuliaan.

11. Diberikan Penjelasan Tentang Perkara Ibadah.

12. Diberikan Penjelasan Tentang Tauhid Dan Ma’rifat.

13. Diberikan Keselamatan Di Alam Kubur.

14. Selamat Dalam Melewati Sirotol Mustaqiem.

15. Digolongkan Sebagai Orang Muttaqien Dan Muhibbien.

16. Diberikan Penjelasan Tentang Cahaya Hakikat.

17. Diterima Dan Diangkat Seluruh Do’anya.

18. Diselamatkan.

19. Diberikan Kemenangan Dunia Dan Akhirat

20. Seluruh Maksud Dan Tujuannya Mendapat Petunjuk.

21. Memperoleh Cahaya Nur Syuhud Hidayah Dan Taufik Allah SWT.

22. Memperoleh Berkahnya Orang Khawas Dan Khowasul Khowas.

23. Memperoleh Iman Dan Nur Ruhani.

24. Memperoleh Iman Bangsa Ghoibul Ghaib Rabbany.

25. Memperoleh Berkahnya Bangsa Amal Sholeh, Bangsa Hati Dan Ruhany.

26. Diberikan Tauhid, Tajarrud, Tawakkal, Yakin, Zuhud, Wara’, Taqwa,Sidiq, Qana’ah, Iffah, Mujahadah, Rindu dengan Allah Dll.

27. Memperoleh Berkahnya Bagsa Nuriyah (Lautan Cahaya).

28. Memperoleh Berkahnya Bangsa Rahmaniah (Yang Penyayang).

29. Memperoleh Berkahnya Makhluk Bangsa Manusia.

30. Memperoleh Berkahnya Bangsa Rahasia Jisim (Jismaniyah).

31. Memperoleh Berkahnya Bagsa Sirrullah (Rahasia Ketuhahanan-Allah).

32. Memperoleh Berkahnya Bagsa Perhiasan Ilmu Yang Diinginkan (Ladunni).

33. Memperoleh Berkahnya Bahjatus Saniyah.

34. Memperoleh Berkahnya Ratbatul Aliyah (Derajat Yang Tinggi).

35. Memperoleh Berkahnya Hujjatuk (Yang Di Inginkan).

36. Memperoleh Berkahnya Khozainur rohmatika.

37. Memperoleh Berkahnya Torikoh Syari’ah.

38. Memperoleh Berkahnya Torikoh Bima- Syahadatuka.

39. Memperoleh Berkahnya Nurullah (Cahaya Allah).

40. Memperoleh Berkahnya Kalamullah.

41. Memperoleh Berkahnya Amrullah.

42. Memperoleh Berkahnya Hukmullah.

43. Memperoleh Berkahnya Tawakaltu Alallah.

44. Memperoleh Berkahnya Tahassantu Bikhofi Lutfillah.

45. Memperoleh Berkahnya Jamilu Sirullah.

46. Memperoleh Berkahnya Laduniah Dan Mukasyafah.

47. Memperoleh Berkahnya Sirrul Asror.

48. Memperoleh Berkahnya Dzohir Bathin Dunia Dan Akhirat.

49. Diberikan Anak, Cucu, Istri dan diberikan Ilmu Serta Amal Yang Bagus.

50. Tenteram.

51. Mahabbah Umum.

 

Dalil tentang Fadhilah Al Qur an

  1. Dari Ibnu Abbas: “al-qur’an adalah amin (pemegang kepercayaan) bagi semua kitab-kitab sebelumnya.”
  2. Al-Qur’an turun di Mekkah selama 10 thn dan di madinah 10 thn.
  3. Rasul bersabda: “Tidak ada seorang nabi pun melainkan diberikan kepadanya yang seperti itu sehingga manusia mengimaninya. Dan yang diberikan kepadaku adalah wahyu yang diturunkan kepadaku. Dan aku berharap menjadi nabi yang paling banyak pengikutnya pada hari kiamat kelak.” (HR.Bukhari dari Abu Hurairah).
  4. Sesungguhnya Allah ta’ala menurunkan wahyu kepada rasul-Nya saw sebelum ia wafat. ‘ dari Anas bin Malik.
  5. Adalah rasulullah saw mannusia yang paling dermawan dengan kebaikannya. Dan beliau lebih dermawan lagi ketika memasuki bulan suci Ramadhan. Karena pada saat itu Jibril menemuinya di setiap malam pada bulan ramadhan. Jibril mengkaji al-Qur’an. Tatkala Jibril menjumpainya kedermawanannya melebihi tiupan angin. (dari Ibnu Abbas).
  6. Al-Qur’an diturunkan kepada beliau saw sekali setiap tahunnya. Di tahun kewafatan beliau wahyu turun selama dua kali. Beliau selalu melakukan I’tikaf 10 hari setiap tahunnya. Dan beliau hanya I’tikaf selama 20 hari di tahun kewafatannya. (Abu Hurairah).
  7. Dari Abdullah bin Amru bin Mas’ud: rasul bersabda: “Ambillah (pelajarilah) al-qur’an ini dari empat orang, dari Abdullah bin Mas’ud, Salim, Muaz dan Ubay bin Ka’ab.
  8. Dari Abdullah bin Mas’ud: ia berkata: ‘Sungguh aku telah mengambil dari lisan rasulullah saw lebih dari 70 surat. Dan demi Allah, Para sahabat Rasulullah tahu bahwa aku adalah orang paling alim di antara mereka tentang kitabullah ini. Yang benar aku bukanlah orang yang terbaik di antara mereka.”
  9. Dari Alqomah: Suatu kali kami berada di kota Himsh. Lalu Abdullah bin mas’ud membaca surat Yusuf. Tiba-tiba seorang laki-laki menyela sambil berkata: ‘Tidak demikian ayat ini turun.’ Ibnu Mas’ud menjawab: ‘Aku pernah membaca di hadapan rasulullah saw lalu beliau bilang ‘bagus.’ Ibnu Mas’ud mengendus bau khomer dari laki-laki itu. Ia bilang padanya: “Apakah kamu menghimpun antara kebohongan terhadap kitabullah dengan minuman khomer?’ Ibnu Mas’udpun lalu menampar pipi laki-laki itu.
  10. Dari Ibnu Mas’ud: Ia berkata: ‘Demi Zat yang tidak ada Tuhan selain Dia, tidak ada satu suratpun dari al-Qur’an turun kecuali aku tahu di mana ia turun. Dan tidak ada satu ayatpun dari al-Qur’an melainkan aku tahu tentang apa ia turun. Seandainya aku tahu ada seseorang yang lebih tahun dari tentang kitabullah ini dan bisa ditempuh dengan onta, pasti aku akan datangi ia

 

Perihal Majelis Ta'lim Basaudan
Tempat belajar ilmu Agama Islam dan Bahasa Arab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: