Do’a sehari – hari (Post 1)

Do’a Ketika Bangun Tidur

الْحَمْدُ لِلَّھِ الَّذِي أَحْیَاناَ بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَیْھِ النُّشُوْرِ

 

“Segala puji bagi Allah Yang membangunkan kami

setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami

dibangkitkan”

Do’a ketika mengenakan pakaian

اَلْحَمْدُ لِلَّھِ الَّذِيْ كَسَانِيْ ھَذَا (الثَّوْبَ ) وَرَزَقَنِیْھِ مِن غَیْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ

 

“Segala puji bagi Allah Yang telah memberikan

pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-pada-Nya

tanpa daya dan kekuatan dari-ku.”

Do’a masuk WC

بِسْمِ الله) اَللَّھُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ.)

“Dengan nama Allah. Ya Allah, sesungguhnya

aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki

dan perempuan”

Do’a keluar WC

 غُفْرَانَكَ.

“Aku minta ampun kepada-Mu”.

Bacaan keluar rumah

بِسْمِ اللهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ.

 

“Dengan nama Allah (aku keluar). Aku

bertawakkal kepada-Nya, dan tiada daya dan

kekuatan kecuali karena pertolongan Allah”.

اَللَّھُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ، أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ، أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ، أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْھَلَ، أَوْ یُجْھَلَ عَلَيَّ.

 

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung

kepada-Mu, jangan sampai aku sesat atau disesatkan

(setan atau orang yang berwatak setan), berbuat

kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya

(orang), dan berbuat bodoh atau dibodohi”

Bacaan masuk rumah

 بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا، ثُمَّ لِیُسَلِّمْ عَلَى أَھْلِھِ.

 

“Dengan nama Allah, kami masuk (ke rumah),

dengan nama Allah, kami keluar (darinya) dan kepada

Tuhan kami, kami bertawakkal”. Kemudian

mengucapkan salam kepada keluarga-nya.

Doa untuk kebahagiaan dunia dan akhirat

رَبَّنَااَتِنَافِى الدُّنْيَاحَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَاالنَّارِ

 

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan

kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari

siksa neraka”.

اَللّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

 

“Ya Alloh, kami memohon keselamatan agama, dan kesejahteraan

badan, dan penambahan ilmu, berkat rizki

serta taubat sebelum mati, dan rahmat di waktu mati,

dan ampunan setelah mati.”

Doa mohon ketakwaan, kesehatan dan kekayaan harta dan hati

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

 

”Ya Allah ! Sesungguhnya aku memohon petunjuk, ketaqwaan, kesehatan dan kekayaan.”

 

Doa agar meninggal dalam keadaan khusnul khotimah

 

اَللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ

“Ya Alloh, akhirilah hidup kami dengan islam, akhirilah

hidup kami dengan membawa iman, akhirilah hidup

kami dengan husnul khotimah”

Do’a Berlindung dari Bahaya Perbuatan Sendiri

اَللّهُمَّ إِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَاعَمِلْتُ وَمِنْ شَرِّ مَالَمْ اَعْمَلْ

Ya Allah! Aku berlindung kepadaMu dari bahaya pekerjaan yang telah aku kerjakan dan dari bahaya pekerjaan yang belum aku kerjakan

Do’a Agar Dapat Melunasi Hutang

اللَّھُمَّ اكْفِنِي بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِني بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ.

 

“Ya Allah, cukupilah aku dengan (rezeki)-Mu

yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram.

Kayakanlah aku dengan kenikmatan-Mu bukan dari selain-Mu“

 

اللھُم إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْھَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّیْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ.

 

 “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung

kepada-Mu dari keluh kesah dan kesedihan, dari

kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan

penakut, dari cengkraman hutang dan laki-laki yang

menindas-(ku)“.

Ucapan Orang Yang Melakukan dosa

 مَا مِنْ عَبْدٍ یُذْنِبُ ذَنْباً فَیُحْسِنُ الطُّھُوْرَ، ثُمَّ یَقُوْمُ فَیُصَلِّي رَكْعَتَیْنِ، ثُمَّ یَسْتَغْفِرُ اللهَ إِلاَّ غَفَرَ اللهُ لَھُ.

 

 “Setiap hamba yang melakukan perbuatan

dosa, kemudian dia bersuci, lalu shalat dua raka’at,

kemudian dia beristighfar, niscaya Allah mengampuni

dosanya”

Doa mohon perlindungan dari ilmu yang tidak

bermanfaat dan hati yang tidak khusyu’

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَيَنْفَعُ وَقَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَدُعَاءٍ لاَيُسْمَعُ وَنَفْسٍ لاَتَثْبَعُ

 

“Wahai Alloh, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang

tidak bermanfaat, dan hati yang tidak khusyuk, dan doa

yang tidak diterima, dan nafsu yang tidak kenyang (puas)”

Doa terbebas dari jeratan masalah

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ وَاِلَيْكَ الْمُشْتَكَى وَاَنْتَ الْمُسْتَعَانُ

“Ya Alloh, segala puji bagi-Mu, kepada-Mu lah tempat

mengadu dan Engkau adalah Dzat Yang Maha Penolong”

Do’a Jika Terbangun Pada Malam Hari

لاَ إِلَھَ إِلاَّ اللهُ الْوَاحِدُ القَھَّارُ، رَبُّ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَا بَیْنَھُمَا الْعَزِیْزُ الْغَفَّارُ

“Tiada Tuhan yang berhak disembah selain

Allah, Yang Maha Esa, Yang Maha Perkasa, Tuhan

langit dan bumi dan di antara keduanya, yang Maha

Mulia lagi Maha Pengampun“.

 

Do’a Apabila Ada Yang Menakutkan Dalam Tidur

أََعُوْذُبِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّّاتِ مِنْ غَضَبِھِ وَعِقَابِھِ، وَشَرِّعِبَادِهِ، وَمِنْ ھَمَزَاتِ الشَّیَاطِیْنِ وَأَنْ یَحْضُرُوْنِِ

“Aku berlindung dengan kalimat Allah yang

sempurna dari kemarahan, siksaan dan kejahatan

hamba-hamba-Nya dan dari godaan setan serta

jangan sampai setan mendatangiku”

 

Doa pembuka hati

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْلِي اَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ

“Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah

pekerjaanku dan lancarkanlah lidahku, agar mereka faham

pembicaraanku

Doa mohon petunjuk

اَللّهُمَّ اَلْهِمْنِى رُشْدِيْ وَقِنِى شَرَّ نَفْسِى

“Wahai Alloh, berilah saya petunjuk dan peliharalah

saya dari kejahatan diri saya”

Doa Minta Kemuliaan Keluarga

رَبَّنَاهَبْلَنَامِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah bagi kami istri-istri dan

keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah

kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa”

(QS. Al-Furqon : 74)

Do’a Setelah Berwudhu

أَشْھَدُ أَنْ لاَ إِلَھَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِیْكَ لَھُ وَأَشْھَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُھُ.

 

“Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq

kecuali Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-

Nya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba

dan utusan-Nya”

اَللَّھُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِیْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَھِّرِیْنَ.

 

“Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang

yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orangorang

(yang senang) bersuci”

سُبْحَانَكَ اللَّھُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْھَدُ أَنْ لاَ إِلَھَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَیْكَ.

 

“Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji

kepada-Mu. Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang

haq di sembah selain Engkau, aku minta ampun dan

bertaubat kepada-Mu”

Do’a Sholat Istikharah

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أََسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِك وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلََمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَْمْرِ -…….-ِ خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ،اَللَّهُمَّ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّهُ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِِّنِيْ بِهِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku minta pilihan yang

tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu, dan

aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi

persoalanku) dengan ke-Maha Kuasaan-Mu. Aku

mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu yang

Maha Agung, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa,

sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang

aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha

Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah apabila Engkau

mengetahui bahwa urusan ini (disebutkan

masalahnya) lebih baik dalam agamaku, dan

akibatnya terhadap diriku di

dunia atau di akhirat maka  takdirkanlah untukku,

mudahkan-lah jalannya, kemudian berilah berkah.

Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa

persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama,

perekonomian dan akibatnya kepada diriku di dunia dan akhirat, maka singkirkanlah persoalan tersebut dan jauhkan aku

daripadanya, takdirkan kebaikan untukku dimana

saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-

Mu kepadaku “

Do’a Setelah Sholat Safar (akan bepergian)

Tatkala bangun dari duduk setelah sholat safar, maka bacalah do’a ini:

اَللّهُمَّ اِلَيْكَ تَوَجَّهْتُ وَبِكَ اِعْتَصََمْتُ اَللّهُمَّ اَكْفِنِي مَا اَهَمَّنِي وَمَا لَمْ اَهْتَمُّ بِهِ اَللّهُمَّ زَوِّدْنِي التَقْوَى وَاغْفِرْلِي ذَنْبِي

“Ya Allah hanya kepadaMU lah aku menghadapkan wajahku dan hanya kepadaMU lah aku berpegang teguh (berlindung). Ya Allah cukupkanlah bagiku perkara yang menyusahkanku dan yang tidak menyusahkanku. Ya Allah bekalilah aku dengan ketaqwaan dan ampunilah dosaku.”

 

Do’a Musafir Kepada Orang Yang di Tinggalkan

أَسْتَوْدِعُكُمُ اللهَ الَّذِيْ لاَ تَضِیْعُ وَدَائِعُھُ

“Aku menitipkan kalian kepada Allah yang

tidak akan hilang titipan-Nya.”

 

Do’a bagi Orang Yang Akan Bepergian (Musafir)

أَسْتَوْدَعُ اللهَ لِدِيْنِك وَأَمَانَتِك وَخَوَاتِيْمِ عَمَلِك زَوَّدَك اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَذَنْبَك وَيَسَّرَلَك الْخَيْرَ حَيْثُ كُنْت

“Aku memasrahkan agamamu, kepercayaanmu dan kesudahan amalmu kepada Allah. Mudah-mudahan Allah membekalimu dengan ketaqwaan, mengampuni dosamu dan memudahkan kebaikan bagimu dimanapun kamu berada”

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَیَسَّرَ لَكَ الْخَیْرَ حَیْثُ مَا كُنْتَ

“Semoga Allah memberi bekal taqwa

kepadamu, mengampuni dosamu dan memudahkan

kebaikan kepadamu di mana saja engkau berada.”

 

Do’a Naik Kendaraan

بِسْمِ اللهِ اَلْحَمْدُ لِلّهِ سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، الْحَمْدُ لِلهِ الْحَمْدُ لِلهِ الْحَمْدُ لِلهِ، اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

“Dengan menyebut nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami. Segala puji bagi Allah (3 kali), Allah Maha Besar (3 kali), Maha Suci Engkau ya Allah. Sesungguhnya aku telah mendzalimi diriku sendiri maka ampunilah aku, karena sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa melainkan Engkau.”

Do’a Bepergian

اَللّهُمَّ إِنَّانَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَذَاالْبِرَّوَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَاتُحِبُّ وَتَرْضَى، اَللّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا، وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ. اَللّهُمََّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِيْ السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُ فِيْ الأَهْلِ وَالْمَالِ. اَللّهُمَّ إِنَّانَعُوْذُبِكَ مِنْ وَعْثَاءِالسَّفَرِوَكَآبَةِالْمُنْقَلَبِ وَسُوْءِالْمَنْظَرِفِيْ الأهْلِ وَالْمَالِ وَالْوَلَدِ

Ya Allah! Sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam bepergian ini, kami mohon perbuatan yang Engkau sukai dan Engkau ridhoi. Ya Allah! Permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkan jaraknya bagi kami. Ya Allah! Engkaulah teman dalam bepergian dan yang mengurusi keluarga dan harta (ku). Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, tempat kembali yang menyedihkan dan pemandangan yang jelek dalam keluarga, harta dan anak.

Perihal Majelis Ta'lim Basaudan
Tempat belajar ilmu Agama Islam dan Bahasa Arab

Tinggalkan Balasan

